Saturday, October 30, 2010

MICEEI 2010

The 2nd Makassar International Conference on Electrical Engineering and Informatics (MICEEI) 2010 merupakan event bertajuk internasional yang bertujuan untuk pertukaran informasi mengenai Research and Development (R&D) khusus di bidang Teknik Elektro dan Informatika.


Seminar Internasional yang di ketuai oleh Dr.Ir.Rhiza S Sadjad, MSEE ini, berlangsung selama dua hari berturut-turut yakni 27-28 Oktober 2010 di Hotel Makassar Golden Pantai Losari. Dan terselenggara atas kerjasama Jurusan Elektro Universitas Hasanuddin dengan beberapa sponsor seperti IEEE Indonesia Section, IEEE APS/MTT Indonesia Joint Chapter, IEEE Communication Society (Comsoc) Indonesia Chapter, IEEE Education, Electron Devices, and Power Electronics Societies Indonesia Joint Chapter, Ministery of Communication and Information (DEPKOMINFO), PT. PLN Persero, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk., and National Electronics Institute (LEN), BPPT, Telkomsel, CST Malayasia, PT. Kovalen Global Mandiri, OKJE FT-UH, PT. Brilyan Trimata Utama, Telkom Indonesia, Agilent Technologies, dan Hardayaperkasa.



Pada penyelenggaraan MICEEI yang ke-2 ini, Pihak Penyelenggara boleh berbangga hati, sebab setidaknya ada sekitar 150 peserta yang hadir yang berasal dari berbagai kalangan, daerah dan negara dan terdapat 86 paper di berbagai bidang ke Teknik Elektroan dan Informatika yang dipresentasikan selama acara berlangsung.



Pada penyelenggaraan hari pertama (27 Oktober 2010) MICEEI 2010 berlangsung dari pukul 08.30 hingga pukul 17.30 WITA, dan diawali OPENING CEREMONY yang dipandu langsung MC dari mahasiswa/i Jurusan Elektro Unhas (Ranu Fauzan dan Nur Awaliah Yusran). Bapak ketua Jurusan Elektro (Dr.Ir.Zahir Zainuddin, M.Sc), Dekan Fakultas Teknik Unhas (Dr.Ing.Ir.Wahyu Piarah,MSME) dan Pembantu Rektor bidang akademik Unhas (Prof.Dr.Dadang Suriamihardja, M.Eng) juga turut memberikan sambutan pada acara pembukan MICEEI 2010. Acara kemudian dibuka secara resmi oleh Prof.Dr.Dadang Suriamihardja, M.Eng dengan pukulan "Gendang" dan disambut oleh Tari "Paduppa","Tari Pagellu"  yang berasal dari Tana Toraja Sulawesi Selatan oleh Mahasiswa/i Jurusan elektro Unhas serta "Robotical Show" yang dibawakan langsung oleh "Dance Robotic" karya Bapak Muh Anshar.



Setelah prosesi pembukaan berlangsung, acara kemudiadilanjutkan dengan Internasional Conference oleh beberapa Keynote Speaker Handal seperti Prof Takashi Hiyama dari Kumamoto University Japan, Prof Dadang Gunawan, Prof Eko Tjipto Rahardjo dari Universitas Indonesia, Dr Linus Liu dari CST Malaysia, Ir Syamsul Aliah M.Sc dari LEN Industry Indonesia serta Dr Syafruddin, M.Eng dari Kumamoto University Japan, Jurusan Teknik Elektro Unhas dan dipandu langsung oleh moderator-moderator yang sebagian besar merupakan dosen Teknik Elektro Unhas.


MICEEI 2010 pada hari pertama kemudian ditutup oleh Technical Tutorial "Circuit Design and Fabrication" dan "Antenna Modelling and Fabrication".

Pada penyelenggaraan hari ke-2 (28 Oktober 2010) MICEEI 2010 yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WITA, para peserta kemudian dibagi menjadi beberapa ruangan sesuai spesifikasi bidang ilmu masing-masing seperti Telecommunication Engineering, Power Engineering, Control, Electronics, and Instrumentation Engineering, dan Computer and Informatics Engineering untuk mendengarkan presentasi langsung paper yang telah terdaftar pada seminar internasional ini.
Beberapa paper yang di presentasikan antara lain :
- Printed Microstrip Antenna (MSAs) Suitable for MS and BTS WiMAX Aplications. (Elyas Palantei, Rahmatullah M, Anton Eka Putra)
- Performance of Low Power, Short Distance and Narrow Bandwidth Remote Mobile Sensor Network at Various Wireless Environments (Elyas Palantei, J.T Pakadang, H. Sampealang, Novy NRA Mokobombang)
-A Query by Singing/Humming System Using Autocorrelation Function and Hidden Markov Model (Indrabayu, Abdul Azis, Dadang Gunawan)
-Subarray of Elliptical Microstrp Antenna for Circularly-polarized Synthetic Aperture Radar (Merna Baharuddin, Josaphat TetukoSri Sumantyo)
-Dynamixel Motor-based Actuator For Mobile Robot Design (Muh Anshar, Ambo Aco)
-Maximizing Available Transfer Capability of Existing Systems Using HVDC System (Rachmat Santosa)
-A Novel of Hybrid Maintenance Management Models for Industrial Applications (Zulkifli Tahir, M.A Baharuddin, Anton Satria Prabuwono)

MICEEI pada hari ke-2 kemudian ditutup oleh presentasi akhir oleh Bapak Elyas Palantei dan Ibu Novy NRA Mokobombang dengan moderator Bapak Dr.Ir.Zulfajri B Hasanuddin, M.Eng dan foto bersama panitia MICEEI 2010.


 

2 comments:

  1. good news...
    Selamat buat JTE-UH, HME dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya MICEEI 2010...
    Sukses buat semuanya...

    ReplyDelete

-Blog Of Friendship-

Photobucket

Followers