Tuesday, November 27, 2012

Hujan

Bismillah, 

Aku baru saja tiba dirumah, dengan sedikit basah kuyub, ku ambil handuk yang kebetulan sedang mejeng kece di jemuran bawah rumahku, Alhamdulillah 'alaa kulii hal, aku tiba dengan selamat...

Ada sekitaran lima menit ku habiskan waktuku diluar rumah hanya untuk mengeringkan badan sambil sesekali menoleh ke atas langit, aku takjub..dan aku memang akan selalu takjub dengan 'hujan' yang Allah turunkan. Dan inilah yang kemudian menggerakkan langkahku dengan cepat masuk kedalam rumah, dan mengincar laptop yang juga sedang mejeng santai di depan TV. 

Aku ingin menulis tentang hujan... 
*pasang senyum lebar... 

sumber gambar


Hujan sesungguhnya adalah Rahmat yang Allah turunkan kepada kita, heran saja disetiap hujan turun, ada banyak sekali manusia yang mengeluh, bikin macetlah, jemuran nggak kering-kering, bikin badmood, nggak bisa keluar rumah dan banyak lagi keluhan lainnya. 

Padahal, jika kita tahu, di sisi lain, hujan merupakan anugrah luar biasa yang Allah turunkan untuk membantu pekerjaan kita sebagai seorang manusia, dengan hujan, manusia dapat melangsungkan kehidupan, dengan hujan, bumi yang mati menjadi hidup, tanaman tumbuh berkembang lalu berbuah,  sungai-sungai mengalir, kolam, mata air, sumur menjadi 'hidup' dan dengan hujan polusi udara terbersihkan, subhanallah :') 


اللهم سقيا هنيئاصـيبا نافعا اللهم اجعله صيب رحـمة ولا تجعله صيب عذاب
Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum, kamukah yang menurunkannya? ataukah kami yang menurunkannya? (Q.S Al Waqiah 68-69)
Dalam Al-Qur'an, Allah juga menjelaskan secara detail bagaimana hujan bisa terjadi dalam surah Ar-Rum :48 
"Allah-lah yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya dilangit menurut yang Dia kehendaki, dan menjadikannya bergumpal-gumpal, lalu engkau liat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila Dia menurunkannya kepada hamba-hambaNya yang Dia kehendaki tiba-tiba mereka bergembira" 
Subhanallah :')
Begitu detail Allah menjabarkannya dengan baik melalui kitab suci ini, setiap tahapan dalam pembentukan hujan dijelaskan dalam urutan yang tepat, seperti yang diajarkan Bapak/Ibu guru kita di sekolah, Iyah kan? Dalam surah lain (QS.An Nuur : 43) juga dijelaskan secara gamblang dan jelas tentang proses pembentukan anugrah yang luar biasa ini.
Dan dalam surah Qaf : 9 Allah befirman : 
"Dan dari langit kami turunkan air yang memberi berkah, lalu kami tumbuhkan dengan air itu pepohonan yang rindang dan biji-bijian yang dapat dipanen."
Tak ada keraguan di dalamnya, garam dapur yang jatuh dengan hujan merupakan contoh kecil unsur-unsur tertentu seperti kalsium, magnesium, kalium, dll digunakan untuk peningkatan kesuburan alam, logam berta yang ditemukan dalam jenis aerosol ini adalah unsur-unsur lain yang meningkatkan kesuburan dalam perkembangan produksi tanaman, hutan juga mampu menampug aerosol laut. Dengan hujan, 150 juta ton pupuk jatuh pada total permukaan tanah setiap tahun. Jika tidak ada pemupukan alam seperti ini, akan ada sangat sedikit vegetasi di bumi, dan keseimbangan ekologi juga akan dilemahkan. Lalu, kurang bersyukur apa lagi kita dengan hujan yang Allah turunkan? :')
Oleh karena itu, pada saat hujan turun, tugas kita bukan untuk mengeluh, melainkan banyak-banyak memanjaatkan doa, karena pada saat hujan turun itulah salah satu saat/waktu doa kita diijabah olehNya. 
ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

"Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun" (HR. Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami', 3078) 

Jadi tak ada alasan lagi buat kita mengeluh disaat beraktivitas lalu tiba-tiba hujan, jangan jadikan hujan penghalang bagi kita untuk melanjutkan aktivitas kita. Segera panjatkan doa, Rasulullah SAW mengajarkan kita membaca doa berikut ketika hujan.. 

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا 
.
"Ya Allah...Jadikanlah hujan ini, hujan yang bermanfaat.. (HR.Bukhari)"

atau, 

اللهم سقيا هنيئاصـيبا نافعا اللهم اجعله صيب رحـمة ولا تجعله صيب عذاب
"Ya Allah..Jadikanlah hujan ini sebagai siraman yang menyenangkan dan hujan yang bermanfaat. Yaa Allah, jadikanlah hujan ini Rahmat dan jangan Engkau jadikan hujan siksaan" (HR.Ibnus Sunny)
Jika kita merasa takut akan kemudharatan hujan, Rasulullah SAW juga mengajarkan doa ini :
اللَّهُمَّ حَوْلَنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ 
"Wahai Tuhanku! Turunkanlah hujan disekitar kami dan janganlah musnahkan kami, Ya Allah ! Engkau turunkan ia di atas gunung-gunung dan bukit bakau, di lembah-lembah dan di tempat tumbuhnya pokok-pokok" (HR. Bukhari-Muslim)
Insya Allah akan dikabulkan olehNya , tentunya tak lupa pula berikhtiar padaNya..(^__^)
Jadi kesimpulannya, jangan terlalu banyak mengeluh yah tiap hujan turun, bencana banjir bersaudara yang kerap kali terjadi pada saat hujan turun tidak berarti bencana buat kita, ayo kembalikan pertanyaan ke diri kita masing-masing, siapa penyebab semua itu terjadi? yah tidak lain dan tak bukan adalah MANUSIA sendiri kan? 
"Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)" (QS As Syuura :30)
Kelalaian kita membuang sampah sembarangan, membangun tata letak kota yang serampangan, membuat drainase yang tidak sesuai dengan tata letak kota dsb, adalah salah satu dari sekian banyak kelalaian kita sebagai manusia yang menyebabkan bencana terjadi dan ujung-ujungnya 'Hujan' yang disalahkan, yah, mendingan kalo cuma hujannya aja, klo TUHAN juga ikut disalahkan? -.-" Semoga kita tidak termasuk kedalam golongan tersebut...Mari Introspeksi.. ^^v
-Nay-
Bersama Hujan, 
Karena titikmu, senantiasa membawa berkah dan inspirasi..

14 comments:

  1. Hujan adalah berkah..yang menjadikan banjir adallah karena ulah manusia saja yang seringkali merusak alam dan bumi ini bukan malahan menjaganya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah bener banget :)
      makasih yah sudah berkunjung dan meninggalkan jejak disni...heheh.. :)

      Delete
  2. Entah kenapa aku justru selalu suka hujan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haee...i love too :)
      hujan selalu mendatangkan inspirasi, rite???

      Delete
  3. duh disini kok belum hujan lagi, beberapa kali terdengar hujan diatas atap tapi hanya 5 detik lalu menghilang
    HANYA ALLAH YANG MAHA TAHU!!

    Awa, fontnya digedein dunk jadi 12, ini kayaknya 11 yah? di edit di template hehe biar keliatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wes, yang sabar tuuh sayang :)
      mudah2an Allah denger doanya yah, biar lekas diturunkan ujannya :*

      iyah, ini dah ukuran normal sayng. emang fontnya aja yang agak kecil dan tebal..ntar ku ubah yah :)

      Delete
  4. Replies
    1. WES, thanks you udah berkunjung, semoga bermanfaat ^^

      Delete
  5. Artikel yang menggugah.... Hujan yang penuh rahmat busa menjadi bencana ketika turun kepada manusia-manusia yang kufur kepada Tuhan-Nya., semoga kita tidak termasuk didalamnya.. Salam Ukhuwah (^_^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin yaa Rabb :)
      salam ukhuwah juga...

      Delete
  6. Tulisan bagus banget, sista..

    Salam kenal...Kalau berkenan mau ngundang untuk ikutan gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

    ReplyDelete
  7. kalau hujan disadari sebagai rahmat oleh semua insan, pasti akan baik pula hujan memberi manfaat pada manusia *edisi habis kehujanan*

    ReplyDelete

There was an error in this gadget

-Blog Of Friendship-

Photobucket

Followers