Wednesday, December 22, 2010

PA'BALU dari generasi ke generasi...

Assalamu alaykum warahmatullahi wabarakatuhu...

sahabat-sahabat BAHAGIA sepanjang masa...
akhirnya ada waktu lagii buat nulis *cerita kosong* katanya pak HERO :)

salam hangatt semua ^_^
(berhubung saya lagii kedinginan sangat habis keliling2 nyari percetakan MURAH setelah PASAR BUTUNG kebakaran ! >_<")

malam ini, saya akan berbagi cerita, berbagi pengalaman yang mungkin bisa jadi INSPIRASI, MOTIVASI, atauu bahkan KONSPIRASI... hihi :p

ini kisah nyata, PERCAYA, ALHAMDULILLAH, gag juga gag papa..:)

tak terasa tahun 2010 dah dipenghujung waktuu, kalo diingat-ingat ada banyak sekalii peristiwa luar biasa yang mampir dalam HIDUPku ini. (kalo diceritakan semua, gag buat BRO...)
yah icipicip ada segelintir kisah yg ingin saya bagikan. bukan cerita biasa namun insya ALLAH bermanfaat :)
(ada juga yh yang bermanfaat dari hidup saya, ^_^<)

inii mungkin alkisah segelintir PA'BALU dan BALU'KANnya dari generasi ke generasi... hahaha*appa coba...>_<"!!

teman-teman mungkin gag percaya, kalo saya ini sebenarnya PA'BALU yang handal loh... (calon-calon enterpreneur HEBAT nantinya.aminn)
yah..kalo diingat-ingat dah hampir 6 tahun saya menekuni bidang ini, :)
dengan suka duka tentunya, *tapi banyakan DUKAnya kalii yah? haha :D

*ini juga baru teringat memori masa-masa silam setelahh kembali menjajakan SANDWICH aslii buatan tanganku dan BUNDA yang cantik :)

kurang lebih 5-6 tahun yang lalu, PROFESI ini saya tekuni, walau blum bnyak perubahan drastis yang terjadi. namun alhamdulillah saya tetap ISTIQOMAH dijalannya :P he?!@##$$
awalnya bermula karena kepergian mendadak sang AYAHANDA yang selama itu, menafkahii kami sekeluarga lahir dan batin...
ibu SHOCK ! semuanya diluar perkiraan, SANG MAHA PENCIPTA justru lebih sayang padanya, melebihi sayang kami pada sosok sang ayah yang LUAR BIASA ! :)
"Semuanya telah tertulis di lauhul mahfudz, detik, menit, jam..."
(mencoba meniru gaya ANNA ALTHAFUNNISA saat mengucapkan sambil mengetiknya.hhe ;).*gagberhasil*)

semua jadi BINGUNG ! termasuk saya, blum lagi saya masuk ke skolah yang cukup menguras banyak UANG ! UANG BUKU DAN TERLEBIH TRANSPORTASI !
masya ALLAH ! :)
i love SMUNEL..

itulah faktor utama yang setidaknya membuat saya menjadi pribadi yang sedikit lebih mandiri, berfikir panjang dengan susah payah, menilik sanasini apa yang bisa saya lakukan tanpa mengganggu sekolah, namun bsa menolong IBU, agar kiranya tdk mengeluarkan selembar uang 4digit hanya untuk TRANSPORTASI saya waktu itu !

*ckck,berfikir..apa yah..., terengtereng...walhasil saya menemukan cara paling ampuh dengan cpat, APAKAH ITU ?

BERJUALAN!!! berjualan apa? BERJUALAN COKICOKI! :)
yah..itulah first carrier saya sebagai PA'BALU.. menjual coki2, yang waktu itu harganya masih 9500/dos dan bisa terjuan 20000 tiap hari dengan keuntungan bersih 10500. HEBAT KAN? 100% lebih,hahaha :D
yah...begitulah...
*sekiranya itu bisa menutupii uang transportasi saya, daripada mesti dipindahin sekolah ke SMAMBO?* ooh.NO !!

profesi sebagai pa'balu coki-coki ini selain menguntungkan ternyata EFEKTIF juga... selain tidak mengganggu jam BELAJAR (jualannya pas "keluar main", istilah anak SEKOLAHAN di Makassar).
dan bawanya RINGAN, tinggal taroh ditas yang isinya cuma buku tulis (karena buku cetak/paketnya pada ditaruh dilaci kelas.hekkeke :)

then, tidak sampe disitu sahabat,
jadi PA'BALU HANDAL, mestii tau KONDISI dan SITUASI pasar dan pelanggan juga gan...
kalo keliatannya pelanggan dah rada2 menampakkan KEBOSANANnya dengan BALU'KAN kita (jualan.read) gantii dengan yang baru, cari INOVASI yang lebih keren namun tak merepotkan...
untungnya tentunya juga lumayan...

apa coba? tebak...
what d next ?
PERMEN ! hehehe.. iyah SERIUS nih.. PERMEN LOLLIPOP..aneka rasa,
(adaadasaja yh saya ini)
waktu itu sempat bingung juga sih mo jualan apa lagi biar teman2 pada gag bosan...
yah untungnya ada IBU yang senantiasa jadi dewi penolong,
hhe, sebenarnya ide awalnya dari ibu juga buat jualan LOLLIPOP.
saya mahh tinggal EKSEKUSI aja.haha :D
kalo yang satu ini, untungnya gag terlalu bnyak *jika dibandingkan dengan coki2,
kecuali kalo belinya banyak...
^_^

begitulah...
habis coki-coki lanjut lollipop, abis itu naik ke kelas 2, JUALAN sempat ngadat..sibuk..
tapii itu tak bertahan lama. demi mencari uang untuk diri sendiri, saya pun melanjutkan profesi ini. dengan BALU'kan bermacam macam, yang paling in MEMORIAM itu jualan BROS "HURUF-HURUF" ahahaha...
*teman2 SMA ku pasti masi ingat ini..hehehe*
sampe saya dicari kemana-mana sama PEMESANnya.hekekeke...;)
LUMAYAN juga untungnya..:)

naik ke kelas 3, pikiran FOKUS buat STUDY ! hahah :) jualan ditinggal dulu...(untuk beberapa saat)
namun, beberapa saat kemudian,
nii TANGAN gatal kali yah, klo gag jualan...
tiba-tiba ada ide buat JUALAN JILBAB... ke teman-teman dan guru-guru..
dan alhamdulillah LAKU KERAS !
*gag salah mmg!*

(ini juga gag tau, faktor LAKUnya karena apa? PA'BALUnya? BALU'kannya? atu cuma karena LUCKY doang? hehehe :) wallahu a'lam dehh. yang penting menghasilkan uang...)

sempat juga masuk salah satu MLM yang cukup TERKENAL di zaman itu, kena doktrinannya "AYAH BUDI" ni..hehehe...akhirnya terdaftar, dan jadi downlinenya si abang ABDUL...
kartunya sekarng raib entah ke mana? *padahal berlaku seumur hidup* (kalii aja, NIAT dan GHIROH nge MLMnya meningkat, kan boleh juga tuh, berhubung dah sangat berpengalaman PRESENTASI dan JUAL MENJUAL..hehehe ^_^)

mengira habis ini, gag ada lagi istilah PA'BALU MA'BALU... ternyata eh ternyata...
masuk KULIAH malah tambah PARAH...
byangkan coba kalo tiap ada kegiatan yang btuh dana, kita mesti cari dana sendiri?
(waktu SMA mah enak, untungnya buat dana pribadi..hekekek)
kehidupan KAMPUS ternyata tak seberat yang kubayangkan...malahan LEBIH BERAT ! :(
apalagi jaman2nya jadi MAHASISWA BARU,
beuh,,, ini nih...zaman2 peningkatan ghiroh seorang PA'BALU...
dengan bermodal IBU yang jago masak dan bikin KUE,
jadilah anaknya penjual KUE keliling dikampus.hehehe :)

selama jadi mahasiswa, rasa-rasanya URAT MALU dah PUTUS kalo mo jualan.
masih bagus kalo jualannya rada-rada sedikit ELIT, kadang kita malah HANYA JUALAN KERTAS. hahahah :D
*lucu yah??

yup.. mulai darii jualan BROWNIES, SANDWICH, PIN, BAJU KAOS (yang harganyaa, beuh...MAHELLL), ROLPISANG, KALENDER, AKSESORIS, MUG, KUPON BAZAR, dan manymore...
kalo dihitung hitung, ndag kehitungmii...
hehehe...
:)

yah itulah pokoknya, dan HARI INI, saat sy dah berada 2 tingkat lebih tinggi pun. (TUAmi ramang kasian, dah punya 2 tingkat JUNIOR!) masih saja menjajah dan dijajahkan sama yang begitu2an...:) kan gag level tuh.hahaha :D
tapii yah.. dibawa asyik saja... berhubung menitii karir lagi didunia BALU'2kang... ;)
SERU ! TAK ADA MALU ! siri'na pacce...ckckck

asiik pokoknya, sekalian itung-itung nambah tabungan juga... hhe (adakah?) >_<"

intinya, sampe saat ini, profesi itu masih melekat erat pda diri seorang Nur Awaliah Yusran, si (Wanita Penjual Roti Sandwich yang Selalu dicari-cari ma Pelanggannya yang kelaparan.^_^)
dan tidak menutup kemungkinan profesi ini akan terus berlanjut, *doakan saja USAHAnya meningkat...
PKM GOL,,, (ha?! kalo gtu beralih ke jualan BUKU lagii...heheh)
PMW juga rencana buka cathering...ckckc
inilah..inilah kisah sang pa'balu dan balu'kannya dari generasi ke generasi...

mudah-mudahan ini semua bisa jadi MODAL BESAR untuk saya PRIBADI :) menjadi seorang ENTERPRENEUR SUKSES yang tak lupaa profesi utamanya sebagai TELECOMUNICATION AND INFORMATION ENGINEER :) mantappp...asiiik skali... :)

be AMAZING YOU pokoke, (hhe..iyah kan kak Dr.Andhika??)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

sahabat-sahabat yang LUAR BIASA AMAZINGnya, smoga cerita di atas sedikit memberi motivasi, inspirasi dan KONSPIRASI (apa siiihhh ?!@#$) buat kita semua...
hopefully juga, ceritanya gag sekedar jadi bahan bacaan, tapi bisa jadi pembelajaran buat kita semua terutama buat calon2 enterpreneur SEJATI :)
keep HAMAZAH yah...
SUKSES buat kita semua.... -->\(´`)/













6 comments:

  1. ooo.. 1 lagiii, REKOR JUALAN PALING LARIS dan sedikit HIGH LEVEL,,
    hhe :)
    JUALAN TIKET TOEFL keliling makassar harga 70rb,
    dan alhamdulillah terjual 200AN LEMBAR LEBIH dalam waktu kurang dari 2 minggu..
    hha :)
    *LUCU klo diingatingat*
    ^_^

    ReplyDelete
  2. Wkwkwk,, SEMANGAT Awa'. masih ada satu tingkat yang bakal lebih KERAS,, ^^P

    ReplyDelete
  3. hhe..iyah kakak cantik :))
    betul2 KERAS HIDUP...
    hehehe..
    apalagi di TEKNIK :)
    ckck..

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. subhanallah kaaak..
    insyahAllah jadi pengusaha suksess syekalinyaa :)) aammiiin..

    ReplyDelete

There was an error in this gadget

-Blog Of Friendship-

Photobucket

Followers