Saturday, April 30, 2011

Shalat Berjamaah :)

assalamu alaikum wr wb..

ahlan wa sahlan di postingan terbaruku..
smoga sahabat-sahabat semua tidak bosan-bosan untuk mengunjungi blog saya yang sederhana ini...

buat new reader, selamat datang..
semoga apa yang saya sajikan ini bermanfaat..

kali ini saya mengangkat tema "SHALAT BERJAMAAH..."

Shalat berjamaah merupakan syi'ar islam yang sangat agung,
menyerupai shafnya malaikat ketika mereka sedang beribadah, dan ibarat
pasukan dalam suatu peperangan, ia merupakan sebab jerjalinnya
saling mencintai sesama muslim, saling mengenal, saling mengasihi,
saling menyayangi, menampakkan kekuatan, dan kesatuan.

Allah menysyari'atkan bagi umat islam berkumpul pada waktu waktu
tertentu, di antaranya ada yang setiap satu hari satu malam
seperti shalat lima waktu, ada yang satu kali dalam seminggu,
seperti shalat jum'at, ada yang satu tahun dua kali di setiap Negara
seperti dua hari raya, dan ada yang satu kali dalam setahun bagi
umat islam keseluruhan seperti wukuf di arafah, ada pula yang
dilakukan pada kondisi tertentu seperti shalat istisqa' dan shalat
kusuf.

yup..

entah mengapa, saya hanya ingin berbagi cerita kepada sahabat-sahabat semua tentang keistimewaan shalat berjamaah seperti yang di utarakan di atas.

kita semua mungkin sudah sering mendengar atau sekedar membaca pada buku pelajaran agama ketika masih duduk di sekolah dasar atau sekolah menengah pertama tentang keutamaan, tata cara shalat berjamaah, dan seberapa pentingnya shalat berjamaah.

misalnya saja seperti hadits di bawah ini :

Dari Abu Darda' radhiallaahu anhu, ia berkata, 'Aku
mendengar Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam
bersabda, 'Tidaklah berkumpul tiga orang, baik di
suatu desa maupun di dusun, kemudian di sana tidak
dilaksanakan shalat berjama'ah, terkecuali syaitan
telah menguasai mereka. Maka hendaklah kamu
senan-tiasa bersama jama'ah (golongan yang banyak),
karena sesungguhnya serigala hanya akan memangsa domba
yang jauh terpisah (dari rombongannya)'.
(HR. Ahmad, Abu Daud, An-Nasai dan lainnya, hadits
hasan )

atau...

Dari Ibnu Umar radhiallaahu anhuma, bahwasanya
Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda,
'Shalat berjama'ah dua puluh tujuh kali lebih utama
daripada shalat sendirian.
(Muttafaq 'alaih)

hadits hadits di atas menunjukkan betapa Rasulullah SAW mencintai kita umat-umatnya dengan menyerukan keutamaan shalat berjamaah..

sekedar berbagi cerita dan pengalaman...
agar sahabat-sahabat semua tahu betapa LUAR BIASA nya pengaruh ketika kita berdiri bersama melakukan shalat berjamaah...

saya pribadi, alhamdulillah sejak kecil telah di tanamkan ilmu agama dari kedua orang tua saya dengan baik, jadi setidaknya saya sedikit banyak tahu dan sering mengaplikasikan shalat berjamaah baik itu di rumah sendiri bersama keluarga, maupun di masjid, hanya mungkin waktu itu umur saya bisa di bilang masih kecil dan belia.

semenjak ayah saya meninggal, dan remaja masjid di ambil alih, saya sendiri lebih sering shalat sendiri kecuali di kampus. di rumahpun hanya sekali kali saja...

dan cahaya itu kemudian kembali merangkul saya saat ini...

DISINI. DI SOROWAKO. JL.SUMBA 4 PONTADA...

saya tidak pernah berfikir bahwa kehidupan saya akan seperti ini sekarang. saya hidup bersama orang-ornag yang luar biasa..
walaupun kadang-kadang kami rada-rada sedikit gila, namun ada 1 hal yang membuat saya bangga berada disini yaitu KESUNGGUHAN dan semangat teman-teman dalam melakukan shalat berjamaah...:)

dalam setiap shalat berjamaah tentulah ada yang bertindak sebagai imam dan ada juga sebagai makmum...
jabatan imam lebih sering di pegang oleh saudara saya ANJUN alias ANDI JUNIAWAN,yah tidak salah jika temanteman menunjuk beliau, karena bacaan shalat dan hafalannya yang amazing.selebihnya jika ada senior2 yang datang ke rumah kami untuk berkunjung, beliaulah yang biasa kami tunjuk untuk menjadi imam...

saya dan teman2 lain yang beragama muslim bertindak sebagai makmum, dengan syarat saudari CHA dan JEANNE tak boleh berdiri bersampingan, karena pasti akan timbul sebuah kekacauan.
heheheh :)

yap. saya begitu senang dengan semua ini. kami saling mengingatkan.setiap waktu shalat semua kegiatan di hentikan termasuk KOMPOR yang harus dimatikan ketika kami sedang memasak dan laptop yang harus di stand by ketika ada yang ONLINE. bahkan mushallah di rumah pun tak cukup menampung "KELUARGA CEMARA KEBANYAKAN ANAK" ini ketika shalat, jadi terpaksa ruang tamulah yang menjadi tempat shalat kami. :)

ini adalah beberapa dokumentasi yang sempat di ambil ba'da shalat isya :)








entah mengapa ada kepuasan dan perasaan yang sungguh luar biasa ketika kami berdiri bersama dalam satu waktu, merasakan kedekatan dengan sang maha pencipta bersama2, ruku dan sujud bersama, rasa saling mengenal, dan IKATAN EMOSIONAL serta SPIRITUAL antara kami semua saudara seMUSLIM dan itu semua membuat saya sedikit menitikkan air mata ketika shalat magrib malam itu :'(

entah ada apa. perasaan seperti ini, dan saat-saat seperti itulah mungkin yang selama ini saya impikan, semua persoalan, kemarahan, kebencian, rasa capek sehabis bekerja, SIRNA, hilang ditelan lantunan surah AL-FATIHAH dan ayat-ayat agung ALLAH yang Maha Sempurna...




Ya Allah,
Engkau mengetahui bahwa hati-hati ini telah berhimpun dalam cinta padaMu,
telah berjumpa dalam taat padaMu,
telah bersatu dalam dakwah padaMu,
telah berpadu dalam membela syari’atMu.
Kukuhkanlah, ya Allah, ikatannya.
Kekalkanlah cintanya. Tunjukilah jalan-jalannya.
Penuhilah hati-hati ini dengan nur cahayaMu yang tiada pernah pudar.
Lapangkanlah dada-dada kami dengan limpahan keimanan kepadaMu dan
keindahan bertawakkal kepadaMu.
Nyalakanlah hati kami dengan berma’rifat padaMu.
Matikanlah kami dalam syahid di jalanMu.
Sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Ya Allah. Amin. Sampaikanlah kesejahteraan, ya Allah, pada junjungan kami, Muhammad, keluarga dan sahabat-sahabatnya dan limpahkanlah kepada mereka keselamatan.

SUBHANALLAH...
semoga kami semua senantiasa di ISTIQOMAHkan hatinya di jalanMU y ALLAH...
amin...

4 comments:

  1. mang hampir ga ada yang bisa menyaingi nikmatnya sholat berjamaah :)

    ReplyDelete
  2. iyah. luar biasa,
    waktu awal awal kami tinggal serumah dan shalat bjamaah, aku sempat meneteskan air mata lohhh.... :')

    saat2 seperti inilah yang akan sangat aku rindukan ketika kembali ke peraduan masing2. :')

    ReplyDelete
  3. many thanks kak :)
    eeh. apa maksudnya ni kaak?

    1+12=27, hehe :)

    ReplyDelete

-Blog Of Friendship-

Photobucket

Followers